arabica specialty

arabica specialty
0813-7051-2605

Roasted bean Gayo: Biji kecil dengan sejuta rasa

0856 2993288
Small seeds with a million flavors
Arabika Gayo, Roasted diambil dari bahasa inggris yang berarti gongseng. Roasted Bean dalah kopi yang sudah melewati peoses sangrai (gongseng).
pada daerah penghasil kopi, (termasuk di takengon dan bener meriah) terdapat beberapa ciri-ciri fisik biji kopi yang sudah di roasting, diantaranya :
1. perubahan warna dari hijau ke coklat sesuai tingkatan.
2. bentuk biji setelah sangrai lebih besar 2 kali lipat dari bentuk sebelum sangrai.
3. beratnya lebih ringan.
4. pada tingkatan tertentu, rost bean (biji sangrai) akan mengeluarkan minyak.

dataran gayo termasuk daerah perkebunan kopi yang berkwalitas, tak heran jika banyak permintaan ekspor, begitu pun halnya dengan daerah lain seperti di Papua(wamena), sulawesi, jawa, Sumatera dan daerah lain di Indonesia. hal ini cukup membuktikan bahwa kopi dapat diterima seluruh lapisan masyarakat, masyarakat dapat merasakan kenikmatan kopi,  disamping itu, perbedaan kecenderungan masyarakat dalam memperlakukan kopi pada tiap daerah tidak memberikan pengaruh terhadap kopi (biji), bahkan sebaliknya, ia memberikan karakteristik tersendiri, seperi Kopi Gayo misalanya yang memiliki beberapa veritas unggul pohon kopi yang semuanya diolah secara organik.
rasa yang didapatkan dari kopi  juga dipengaruhi oleh kondisi demografi dan tekstur tanah pada suatu daerah, dan ketinggian dari permukaan laut (dpl). dataran gayo memiliki rata-rata tinggi 1200-1700 dpl, bahkan lebih.
cara pengolahan kopi adalah metode yang juga dapat memberikan  aroma dan rasa yang khas, ditangan pengolah (roaster), kopi dapat menjadi sesuatu yang unik ketika sampai pada orang yang menikmatinya, lidah akan berbicara sesuai rangsangan yang ia terima.
Kopi Arabika Gayo memiliki citra rasa yang membahana, sangat cocok untuk dikonsumsi dirumah ataupun sebagai tambahan menu cafe, hindari pemakaian gula yang berlebihan, karna itulah yang sebenarnya menjadi sumber penyakit chek list harga disini

No comments:

Post a Comment